Senin, 07 November 2011

MoView: The Departed

Casted by Leonardo DiCaprio, Matt Damon, Jack Nicholson, Martin Sheen, Mark Wahlberg, Alec Baldwin
Directed by Martin Scorsese
Written by William Monahan


Ekspektasi tinggi sudah sewajarnya dibebankan ke dalam film The Departed. Banyaknya aktor A-list Hollywood yang terlibat, menjadikan film ini sebagai salah satu tontonan wajib. Leonardo DiCaprio, Matt Damon, Jack Nicholson, dan Martin Sheen, adalah sederet nama yang bisa menjadi garansi. Inti cerita tentang pengkhianatan dan permainan kucing dan tikus yang penuh intrik, konflik, dan keputusasaan, dijamin membuat penonton tidak ingin melewatkan satu adegan pun. 

Di awal cerita, penonton disuguhkan latar belakang cerita yang kembali sejenak ke era tahun 1980-an di daerah Boston, AS. Pada saat itu, daerah tersebut dalam genggaman geng mafia Irlandia yang diketuai oleh Frank Castello (Jack Nicholson). Kembali ke jaman sekarang, kepolisian Kesatuan Unit Khusus Investigasi Massachussets sedang menjalankan misi untuk menangkap Castello. Kapten Queenan (Martin Sheen) menugaskan Billy Costigan (Leonardo DiCaprio) yang baru saja diterima sebagai polisi, untuk menjadi mata-mata di kelompok Castello. Costigan yang notabene berasal dari keluarga yang kerap berurusan dengan para mafia, dipercaya dapat memberikan informasi gerak-gerik Castello. Di saat yang bersamaan, Castello berhasil memasukkan 'anak didik'nya, Collin Sullivan (Matt Damon) untuk menjadi polisi. Dari sinilah, permainan penuh intrik dijalankan kedua kubu. Tugas yang sama diberikan kepada Costigan dan Sullivan, tetapi dengan motif yang berbeda. Mereka berdua begitu rapi membawakan peran masing-masing, hingga tiba pada satu titik di mana masing-masing kubu mengendus adanya pengkhianat.

Ada sejumlah alasan yang membuat film besutan sutradara kawakan, Martin Scorsese, ini layak mendapatkan piala Oscar 2007. Jalan cerita yang padat tetapi tetap apik untuk diikuti, membuat penonton dapat terhanyut dengan keputusasaan dan rasa frustasi 'the good cop' Costigan; kelicikan 'the bad cop' Sullivan; maupun kekejaman si bos mafia Castello. Ekspektasi tinggi penonton pun terbayarkan setelah menyaksikan bagaimana para aktor berakting sangat elegan. Jack Nicholson diapresiasi begitu tinggi oleh banyak pengamat film karena sempurna dalam mendalami karakter, tetapi di saat yang sama ia tidak 'rakus', hingga karakter Leonardo DiCaprio dan Matt Damon tidak 'tenggelam' dan tetap menjadi sorotan utama film ini. Aktor lain seperti Martin Sheen, Mark Wahlberg, dan Alec Baldwin, juga membawa warna tersendiri. Khusus Mark Wahlberg, saya pribadi memberi lima bintang untuk perannya sebagai Sersan Dignam yang tempramen tetapi selalu percaya pada Costigan untuk bisa menyelesaikan misinya.

Sebagai informasi, film ini adalah remake (bukan adaptasi!; ini dikatakan sendiri oleh Scorsese) dari film Hongkong berjudul Internal Affairs yang dibintangi oleh Andy Lau dan Tony Leung. Meskipun begitu, dengan didukung oleh skenario cerdas dari William Monahan, film ini bahkan dipuji oleh co-director Internal Affairs, Andrew Lau, yang menilai bahwa Scorsese sukses menjadikan Internal Affairs bergaya sangat Hollywood dan lebih berbobot. Saya sendiri belum menonton versi aslinya, tetapi setidaknya ini bukti bahwa film remake maupun adaptasi tidak selalu lebih buruk dari versi aslinya.



 
Ini pendapatku, apa pendapatmu? 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar