Rabu, 11 April 2012

Pancake (ala MasterChef Indonesia)

Wuuuaaa, akhirnya saya posting lagi. Alhamdulillah. ^.^'

Kali ini saya mau berbagi resep pancake andalan saya. Resep ini saya dapatkan dari program MasterChef Indonesia. Sudah berkali-kali saya buktikan kalau resep ini buatnya gampang, tapi jadinya enak banget. Sooo easy and yummy. Silakan dibaca dan dipraktekkan langsung ya.


Bahan:
100 gr  tepung terigu
1 sdt  baking powder
50 gr  gula halus
200 ml  susu cair
1/2 sdt  garam
3 butir  telur ayam (pisahkan kuning dan putihnya)

Cara membuat:
1.  Aduk tepung terigu, baking powder, gula halus, susu cair, garam, dan kuning telur, hingga menyatu dan rata.
2.  Kocok putih telur hingga kaku, masukkan ke dalam adonan terigu sedikit demi sedikit hingga rata.
3.  Panaskan wajan anti lengket (teflon), olesi dengan sedikit margarin, tuangkan 1 sendok sayur adonan pancake ke atas wajan panas, masak hingga berwarna coklat keemasan.
4.  Siap disajikan dengan topping kesukaan anda.

Catatan:
Supaya adonan pancake tercampur sempurna, saya punya beberapa trik:
- Campur kuning telur dengan susu cair, aduk rata, sebelum dicampur bersama tepung
- Cara memastikan putih telur telah kaku adalah dengan cara membalik tempat mengkocok putih telur. Bila kocokan tidak tumpah, maka kocokan telah kaku.
- Gunakan balloon whisk (alat pengocok telur), bila perlu, untuk mengaduk rata adonan.
- Sering-seringlah mengaduk adonan setiap kali adonan akan dituang ke atas wajan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar